Jumat, 15 November 2013

Peranan teknologi dalam Pendidikan


Teknologi yang canggih kini sudah dapat ditemukan di wilayah manapun di seluruh dunia. Ini dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi itu sendiri. Mungkin hanya dalam satu hari pun, telah ada teknologi baru yang muncul dan menggeser keberadaan teknologi-teknologi yang terdahulu.
Bahkan keberadaan teknologi kini tidak lagi hanya diketahui oleh segelintir orang. Di jaman semodern ini, bahkan anak yang masih duduk pada bangku Sekolah Dasar pun telah memahami dan mengerti mengenai teknologi dengan sangat baik.
Teknologi sendiri tentunya memiliki banyak peran dalam berbagai bidang. Diantaranya mungkin aalah pendidikan. Untuk bidang pendidikan sendiri, keberadaan teknologi yang canggih mungkin sangatlah diperlukan. Entah itu untuk menunjang pembelajaran siswa di kelas ataupun untuk membantu siswa mengerjakan tugas sekolah yang diberikan oleh sang guru.
Namun di balik peranan-peranan positif di atas, tentunya keberadaan teknologi juga menimbulkan beberapa dampak negatif jika tidak dapat dipergunakan dengan sangat baik. Dampak-dampak negatif tersebut diantaranya mencari situs-situs atau hal-hal yang sama sekali tidak terkait dengan pendidikan, hal yang membahayakan dalam hal ini adalah jika menimbulkan efek ketergantungan pada siswa, dan tak ayal siswa itu sendiri malah melupakan tugas-tugas sekolahnya dan malah mementingkan situs-situs yang tidak berkaitan dengan pendidikan tersebut.
Hal ini dapat dicegah dengan beberapa hal, misalkan untuk orang tua siswa diharapkan mengetahui kapan seharusnya pemberian teknologi tersebut dilakukan. Misalkan siswa kelas 1 Sekolah Dasar tentunya belum membutuhkan keberadaan teknologi tersebut dibandikan dengan siswa kelas 1 SMA. Dapat juga dilakukan dengan selalu mengawasi kegiatan belajar siswa itu sendiri.
Sekian yang bisa saya sampaikan mengenai keberadaan teknogi yang berperan penting untuk dunia pendidikan. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.
Oleh : Desak Putu Linda Gunantari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar